Teknik Membaca Herringbone

Herringbone reading technique merupakan salah satu teknik membaca terstruktur yang dapat memudahkan seseorang dalam memahami isi bacaan. Dalam teknik ini, seluruh informasi penting dalam bacaan dituangkan kedalam sebuah diagram yang dikenal dengan istilah "diagram Herringbone".

Beberapa penelitian dalam publikasi jurnal menuliskan bahwa teknik atau strategi membaca Herringbone efektif untuk digunakan dalam menangkap keseluruhan makna bacaan. Dengan kata lain, seluruh informasi penting dalam sebuah bacaan memungkinkan untuk dipahami dan di-recall hanya dengan melihat informasi yang ada pada diagram Herringbone. Beberapa publikasi ilmiah yang mengungkap efektivitas dari teknik membaca Herringbone ini dikemukakan oleh Kurniawan dan Indrawati (2016)1 dan Suriani (2013)2.

Untuk mengaplikasikan teknik membaca pemahaman ini, mahasiswa diminta untuk menggambar diagram Herringbone yang bentuknya menyerupai struktur tulang ikan dimana masing-masing tulang mewakili ‘what’, ‘when’, ‘where’, ‘who’, ‘why’ dan ‘how’.

Gambar berikut merupakan contoh dari diagram Herringbone. Bacaan yang diringkas kedalam diagram Herringbone pada gambar dibawah ini berujudul Diponegoro.

Untuk menguji apakah diagram Herringbone diatas telah mewakili keseluruhan ide cerita, silahkan lakukan cross check pada bacaan yang berjudul Diponegoro pada file yang berjudul Asian & Pacific Speed Readings for ESL Learners