SQ4R (Survey, Question, Read, Respond, Record & Review) Reading Strategy

Lesson kali ini mengulas tentang teknik/strategi membaca SQ4R (survey, question, read, respond, record & review).

SQ4R

SQ4R merupakan salah satu teknik membaca yang lazim dipraktekkan oleh pelajar tingkat universitas untuk memudahkan dalam memahami teks/bacaan/literatur dan untuk memudahkan proses mengingat kembali materi yang telah dipelajari. SQ4R sendiri merupakan akronim dari Survey; Question; Read; Respond; Record dan Review. Berikut ini penjabaran dari masing-masing fase.

Survey

Pada bagian ini, Anda melakukan survey atau melihat sekilas konten dari teks/literatur dengan menerapkan teknik skimming. (Baca: "Skimming & Scanning") untuk mendapatkan ide pokok dari teks/literatur.

Survey bertujuan untuk menangkap ide pokok dari teks/literatur sehingga dalam membaca, Anda telah mengetahui tentang apa teks/literatur tersebut.

Adapun bagian dari teks/literatur yang wajib Anda survey antara lain:

  • Judul
  • Sub-judul
  • Visual aids seperti tabel, grafik, dan lain sebagainya
  • Kalimat pertama & kalimat terakhir dari paragraf (biasanya, ide pokok ditulis pada kalimat pertama dan kalimat terakhir; dedukif-induktif)

Question

Pada bagian ini, Anda menyusun pertanyaan berdasarkan hasil survey yang Anda lakukan sebelumnya. Pertanyaan yang disusun sepatutnya berkaitan dengan poin-poin yang jawabannya ingin Anda temukan didalam teks/literatur yang Anda baca. Dalam menyusun pertanyaan, Anda dapat menggunakan "5W1H" (what, when, where, why, who dan how).

Read

Pada bagian ini, Anda membaca teks berdasarkan daftar pertanyaan yang telah Anda buat sebelumnya.

Dalam membaca, Anda harus selalu berpatokan pada pertanyaan-pertanyaan yang telah Anda buat sebelumnya. Ketika Anda menemukan bagian yang (diprediksi) mengandung jawaban atas pertanyaan Anda, fokus pada bagian tersebut. Jika perlu, kurangi kecepatan membaca Anda dan baca beberapa kali (re-read) bagian penting tersebut.

Respond

Pada bagian ini, Anda menjawab pertanyaan yang sebelumnya telah Anda buat pada fase question tanpa melihat teks/literatur. Jika Anda merasa informasi yang dapat Anda recall/recite masih kurang sempurna, rujuk kembali dan baca ulang (re-read) bagian tersebut. Ulangi proses ini hingga Anda merasa puas dengan apa yang dapat Anda recall/recite.

Record

Selanjutnya, pada bagian ini Anda mencatat jawaban atau membuat ringkasan atas apa yang dapat Anda recite/recall. Dalam prakteknya, Anda dapat menerapkan berbagai metode mencatat. Pada intinya, seluruh informasi yang Anda anggap penting perlu untuk di-record untuk memudahkan Anda dalam mempelajari kembali (re-learning) materi. Dengan adanya record atas informasi-informasi penting dari teks/literatur, Anda tidak perlu lagi membaca keseluruhan teks/literatur tersebut misalnya ketika akan menghadapi ujian.

Review

Pada bagian ini, Anda melakukan review, evaluasi atau kegiatan 'mengecek kembali' apakah jawaban atas pertanyaan yang telah Anda susun sebelumnya telah benar-benar sesuai dengan informasi yang disajikan didalam teks/literatur yang telah Anda baca.

Selanjutnya, lakukan review secara berkala (daily review atau weekly review). Hal ini bertujuan untuk menghindarkan Anda dari kehilangan konsentrasi menjelang ujian karena informasi penting dari materi yang akan diujikan terlalu banyak. Dengan pengaplikasian SQ4R, Anda cukup membaca poin-poin yang telah Anda buat sebelumnya sehingga menjelang ujian Anda tidak perlu lagi membaca keseluruhan teks/literatur/materi.