IMR Triangle Diagram

Abstrak merupakan ringkasan dari keseluruhan artikel yang ditulis dalam sekitar 250 kata.

Jurnal Ilmiah

Jurnal ilmiah pada umumnya terdiri dari bagian-bagian berikut.

Introduction

Bagian ini (terkadang diberi judul "Background") berisi informasi tentang latar belakang penelitian (alasan dilakukannya penelitian), pertanyaan pokok penelitian (rumusan masalah) dan tujuan serta manfaat penelitian.

Literature Review

Bagian ini berisi teori-teori yang digunakan sebagai landasan dilakukannya penelitian yang dibagi berdasarkan variabel penelitian beserta turunannya. Misalnya:

  1. Pendidikan
    • Definisi pendidikan
    • Sejarah pendidikan guru di Indonesia
    • Pelaksanaan pendidikan guru di Indonesia
    • Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pendidikan guru
    • dst.
  2. Teknologi
    • Definisi teknologi
    • Jenis-jenis teknologi
    • dst.

Methodology

Bagian ini berisi catatan kegiatan peneliti selama melakukan penelitian, data dan informasi teknis terkait pelaksanaan penelitian; meliputi partisipan penelitian, pengolahan data, instrumen penelitian, dan lain sebagainya.

Result & Discussion

Bagian ini meliputi hasil atau temuan penelitian serta interpretasi terhadap temuan penelitian tersebut. Pada bagian ini, fokus penelitian atau masalah pokok yang mendasari dilakukannya penelitian diungkap hasilnya dan dibandingkan dengan teori-teori yang ditulis pada bagian Literature Review. Model penyajiannya biasanya ditentukan berdsasarkan apakah temuan penelitian mendukung ataukah menyanggah temuan-temuan sebelumnya.

Conclusion

Bagian ini merupakan kesimpulan penulis/peneliti terhadap temuan-temuan penelitian.

Abstrak

Abstrak merupakan sebuah teaser yang merupakan rangkuman atau ringkasan dari keseluruhan artikel. Bagian ini biasanya ditulis dalam sekitar 250 kata. Bagian ini menginformasikan kepada pembaca tentang isi dari keseluruhan artikel. Melalui abstrak, pembaca diharapkan dapat menentukan atau memprediksi apakah jurnal tersebut berisi informasi yang dicari atau pembaca atau bukan.

Bagian introduction biasanya ditulis dalam 1 hingga 2 kalimat, diikuti bagian methodology dan result & discussion.

Meringkas untuk tujuan "Rewriting" dan "Synthesizing"

Untuk tujuan pembelajaran dalam web ini, disajikan cara mengekstrak abstrak jurnal beserta cara melakukan sintesis atas beberapa abstrak yang sejenis untuk tujuan presentasi - baik secara tertulis maupun lisan.

Pertama-tama, lakukan skimming & scanning pada abstrak untuk menemukan inti dari masalah penelitian (introduction), metodologi (methodology) serta hasil penelitian (result).

Selanjutnya, konversi poin-poin penting yang ditemukan kedalam segitiga "IMR" (Introduction, Methodology dan Result). Diagram "IMR" dimaksudkan untuk meringkas abstrak agar memudahkan proses recalling informasi dalam presentasi. Diharapkan agar hanya dengan melihat diagram IMR, presenter dapat menjelaskan ulang poin-poin penting dari abstrak yang telah dibaca sehingga dalam sesi presentasi, presenter tidak perlu membawa dan melihat keseluruhan skrip abstrak.

Slide berikut mendemonstrasikan penggunaan "IMR Diagram" untuk meringkas konten abstrak jurnal.

Dalam penggunaannya, abstrak jurnal dapat dibedakan berdasarkan warna (lihat "Slide 8") atau berdasarkan kode/label tertentu (lihat "Slide 9" & "Slide 10").