Self Introduction in Formal English

Berikut ini disajikan ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam memperkenalkan diri dalam berbagai situasi formal.

Untuk mendapatkan gambaran umum mengenai self introduction dalam bahasa Inggris, silahkan tonton video yang menjelaskan informasi yang umumnya dibahas dalam perkenalan diri dalam berbagai situasi berikut. Video berikut juga menyajikan beberapa tips dalam self introduction in English.

Spoken Self Introduction

Ungkapan-ungkapan berikut umumnya digunakan pada presentasi formal, diskusi kelas, konferensi, dan pada situasi formal lainnya. Adapun bagian-bagian dari perkenalan yang umumnya disebutkan, antara lain:

Greetings

Self introduction pada umumnya dimulai dengan mengucapkan salam (greetings). Adapun greetings yang lazim digunakan didalam bahasa Inggris formal antara lain:

Greetings Salam
Hello Halo
Good morning Selamat pagi
Good afternoon Selamat siang/sore
Good evening Selamat malam

Self Information

Self information dalam hal ini merujuk kepada informasi-informasi yang perlu untuk disebutkan dalam perkenalan diri. Didalam situasi formal, informasi yang disebutkan pada umumnya hanyalah nama dan afiliasi.

  • I am an undergraduate student
  • I am a student majoring Primary School Teacher Education study program
  • I am a primary teacher
  • I am from class A

Anda juga dapat mengungkapkan sedikit informasi mengenai latar belakang Anda yang berkenaan dengan lingkungan tempat Anda berada.

  • I have been teaching English for about 5 years now

Example: Spoken Self Introduction

Berikut ini beberapa contoh skrip perkenalan diri terujar.

  • Example 1: Good morning, my name is Andi, I am a student majoring Primary School Teacher Education Study Program at Universitas Negeri Makassar.
  • Example 2: Good afternoon, my name is Andi, I am a teacher and it is my first year teaching English at school.

Example: Written Self Introduction

Untuk perkenalan diri secara tertulis, informasi yang diberikan terkait data diri pada umumnya lebih banyak. Perkenalan diri jenis ini umumnya digunakan pada situasi dimana Anda harus mengeksplorasi seluruh kelebihan Anda berkenaan dengan tujuan komunikasi. Berikut ini contoh perkenalan diri formal dalam bahasa tertulis.

Dear, Mr. X

My name’s Andi. I’ve been teaching English for 3 years now. I am passionate about teaching English to young learners.

One of my favorite pastimes is reading and writing. I love reading academic text such as journal to enhance my knowledge about my field that supports my professional development.

That's all that I can describe about myself. I look forward to a successful working relationship in the future.

Sincerely,

Andi