Perangkat Penunjang Publikasi Ilmiah

Publish or Perish (PoP)

Perangkat lunak ini memungkinkan Anda untuk mencari artikel yang relevan dengan variabel-variabel yang diulas dalam manuskrip Anda berdasarkan indeks penerbit jurnal.

Dengan fasilitasi dari Publish or Perish, Anda dimungkinkan untuk menemukan sumber-sumber yang kredibel. Dampaknya, Anda dapat terhindar dari masalah yang diakibatkan oleh sumber-sumber yang Anda sitasi dikemudian hari.

Terkait pengunaannya, Anda hanya perlu mengunduh perangkat lunak 'Publish or Perish' lalu install pada laptop/PC Anda. Berikut ini link pengunduhan Publish or Perish.

https://harzing.com/resources/publish-or-perish

Selanjutnya, masukkan kata kunci dari variabel yang Anda ulas pada manuskrip Anda, lalu klik 'search'. Jika sistem meminta Anda untuk log in, silahkan masukkan data yang dibutuhkan pada kolom yang disediakan.

Citation & Reference Manager

Untuk urusan pengutipan dan referensi, saat ini terdapat beberapa perangkat lunak yang tersedia secara open source yang dapat Anda gunakan.

Citation & reference manager dapat sangat membantu Anda untuk menangani urusan sitasi dan referensi.

Zotero

Zotero tersedia di laman zotero.org.

Mendeley

Mendeley tersedia pada laman https://www.mendeley.com/. Perangkat lunak ini dapat dikatakan sebagai salah satu citation & reference manager terbaik karena beberapa hal. Pertama, tersedia secara open source; kedua, didukung oleh Elsevier dan banyak komunitas yang tersebar di seluruh dunia.

Pembacaan metadata terkadang kurang akurat. Selain itu, hingga artikel ini diterbitkan, Mendeley belum dapat membaca metadata berupa ISBN - termasu eISBN - yang sedikit merepotkan untuk urusan sitasi buku. Selain itu, pembacaan metadata berupa digital object identifier (DOI) juga terkadang masih salah. Jika publisher yang Anda incar mengharuskan Anda untuk menggunakan Mendeley, pastikan bahwa setiap baris dari metadata dari jurnal yang Anda masukkan ke dalam database telah sesuai.